Panekuk durian atau pancake durian adalah makanan ringan berupa puree daging durian dan vla atau krim kocok yang dibalut dengan kulit crepes atau dadar gulung. Panganan ini pertama kali dipelopori oleh pedagang-pedagang kue rumahan di Kota Medan, dan lambat laun tersebar di kota-kota lain di Indonesia, seperti Jambi, Semarang, Jakarta, dan lain-lain.
PANCAKE DURIANSelain panekuk durian yang menggunakan durian Medan. Tersedia pula di pasar swalayan kota-kota besar panekuk durian berisi durian montong, dan durian-durian lokal lainnya. Para pedagang panekuk durian juga membuat banyak variasi rasa krim, selain variasi daging durian yang digunakan. Pada umumnya panekuk durian menggunakan krim kocok polos berwarna putih, namun sekarang ini banyak pula pedagang panekuk yang memodifikasi krim kocok menjadi bercitarasa lain seperti stroberi, coklat, keju, dan lain-lain.
Cara buat Pancake Durian Sendiri dengan Langkah Ini :
Salah satu oleh-oleh populer khas Medan adalah pancake durian. Kue dengan balutan kulit tipis mulus warna kuning dan hijau ini sukses menarik banyak peminat. Karena rasanya manis creamy, lembut dan sangat lezat.
Aroma durian pun berpadu sempurna dengan isian krim dalam pancake. Membuat sulit berhenti menyantapnya. Jika tak sempat membeli pancake durian, coba saja buat sendiri di rumah.
Berikut langkah-langkah pembuatan pancake durian.
1.      Siapkan bahan
Untuk membuat kulit pancake diperlukan 165 gram tepung terigu protein sedang, 1 sdm gula halus, 1/2 sdt garam, 1 kuning telur, 400 ml susu cair, 1 sdm mentega leleh dan sedikit pewarna hijau.
Isiannya dibuat dari 100 gr bubuk whipped cream, 200 ml air es, 1 buah durian Monthong, 1/4 sdt garam dan 2 sdm gula halus.

2.      Buat adonan kulit
Aduk tepung terigu, gula halus dan garam hingga rata. Kemudian tambahkan kuning telur, susu cair, dan mentega cair. Campur hingga adonan rata dan licin, tanpa gumpalan.

3.      Cetak kulit pancake
Oleskan mentega tipis pada wajan saat pencentakan pertama kali. Tuang satu sendok sayur adonan di wajan datar kecil yang sudah dipanaskan di atas api kecil. Buat dadar tipis sampai adonan habis. Pada proses mengangkat pancake, lakukan dengan hati-hati agar tidak robek

4.      Buat krim
Kocok bubuk whipped cream dengan air es hingga kaku. Kemudian tambahkan campuran gula halus dan garam, aduk hingga rata. Sisihkan.

5.      Bentuk pancake durian
Isi bagian tengah selembar kulit pancake yang sudah agak dingin dengan adonan krim. Lalu tambahkan daging durian di atas krim. Lipat hingga berbentuk seperti amplop. Simpan dalam chiller sampai disajikan.

RESEP PANCAKE DURIAN ENAK KHAS MEDAN
PANCAKE DURIANHidangan pancake khas Medan Sumatera Utara ini bentuknya seperti bantal dengan rasa dan aroma buah durian/ duren yang sangat menggoda. Kita bisa menikmati pancake durian tanpa mengenal musim, bahkan sekarang dengan mudah ditemukan di banyak kota di Indonesia atau tinggal pesan lewat online dengan pengiriman khusus. Variasi cara membuat pancake durian pun sudah cukup beragam, seperti merubah tampilan dengan warna-warni pelangi atau modifikasi resep krim kocok menjadi bercita rasa stroberi, coklat, keju dan lainnya. Untuk mengetahui bagaimana cara mudah membuat pancake durian medan ini, berikut resep dasar yang bisa dijadikan panduan.

Bahan Kulit :

250 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung maizena
3 kuning telur
1 sdm gula
½ sdt garam
500 ml susu UHT plain
1 sdm margarin, cairkan
1 sdm parutan kulit jeruk, opsional
Bahan Isi :
500 ml whipped cream non dairy, kocok kaku
1 buah durian montong atau durian medan matang, daging buah, haluskan

CARA MEMBUAT PANCAKE DURIAN :

·         Ayak terigu, maizena, garam dan gula. Tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kekentalan adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental.
·         Masukkan kuning telur dan margarin cair, aduk dengan whisk hingga rata.
·         Buat dadar tipis-tipis di atas wajan dengan api sedang.
·         Ambil selembar dadar tipis lalu beri isi dengan whipped cream secukupnya. Tambahkan daging durian kemudian lipat berbentuk amplop. Dinginkan sebentar dalam lemari es dan sajikan.

Tips :
·         Adonan kulit akan lebih mudah didadar jika menggunakan wajan kwalik. Ketebalannya akan lebih rata. Namun jika tidak ada, wajan dadar teflon biasa juga bisa digunakan.
·         Pilih durian yang benar-benar sudah matang sehingga rasanya lebih manis. Biasanya, durian yang sudah matang berwarna kuning keemasan alias tidak pucat.
·         Bagi yang tidak terlalu suka rasa durian yang kuat, langsung aduk/campurkan adonan durian yang sudah dihaluskan dengan whipped cream.


Next
Newer Post
Previous
This is the last post.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: